-->

Apa Itu Hode di Game Online?

Pengertian dan Penjelasan Mengenai Hode di Game Online

Seal BoD Journey - Hode...kata ini sering kali muncul di game online, bahkan kata ini banyak terjadi di game-game online berbasis Role Playing Game (RPG). Layaknya slogan salah satu minuman kemasan, "Apapun Gamenya, pasti ada Hodenya".

Bermula dari peristiwa atau fenomena ini, saya akan membagikan sedikit pengertian dan penjelasan mengenai apa itu hode, tipe-tipe hode, dan hal-hal lainnya yang sering kita jumpai pada saat membahas soal hode.

Apa itu Hode?

Pada saat bermain game online, seringkali kita menjumpai pemain yang ingin menyembunyikan identitas aslinya. Mulai dari nama asli, gender, umur, pekerjaan, dan lain-lain. Kata Hode mengarah ke salah satu tipe player yang menyembunyikan identitas aslinya tersebut.
Apa itu Hode di game online, identitas palsu game online.
Sumber Gambar: Pixabay
Hode adalah pemain game online cowok yang menggunakan karakter game online dengan gender berbeda (cewek). Tidak ada yang salah atau melarang mereka yang ingin memainkan suatu game menggunakan karakter cewek.

Jadi sebenarnya, kata hode tidak bermakna negatif, tapi hanyalah sebuah predikat yang diberikan kepada mereka yang memilih karakter yang berlainan gender. Hanya saja, konotasi negatif dari kata ini terjadi karena tipe-tipe Hode yang akan saya bahas selanjutnya.

Selain Hode, gamer cowok memainkan karakter cewek, ada juga yang namanya Deho. Kebalikan dari kata Hode ini memiliki arti yang dibalikkan juga. Jadi, Deho adalah pemain game online cewek yang memilih untuk menggunakan karakter bergender cowok.

Sejarah Kata Hode

Sepengetahuan saya, Hode merupakan nama salah satu monster di game online Ragnarok. Jikalau ada yang mempunyai referensi awal mula predikat Hode, bisa berkomentar di bawah postingan ini. Monster ini memiliki bentuk yang cukup unik dan akhirnya dipakai sebagai predikat bagi mereka yang Hode.
Monster Hode Ragnarok, Apa itu Hode di game online.
Sumber Gambar: Ragnarok Online
Bisa kalian lihat dari gambar di atas, bentuk dari monster Hode tersebut. Saya yakin, kalian sudah bisa menebak kenapa nama monster ini dikaitkan dengan fenomena Hode di game online. Bagi yang belum paham, mungkin karena belum cukup umur saja.

Penyebab Fenomena Hode

Peribahasa "Ada asap, pasti ada api". Ada akibat pasti ada penyebabnya. Alasan pemain game online menyembunyikan gendernya tentunya bermacam-macam dan alasan-alasan tersebut tentunya memiliki perbedaan antara yang baik dan buruk.

Alasan 1: Bentuk Karakter
Banyak praktisi Hode menggunakan karakter yang berbeda gender dengan pemainnya karena alasan bentuk karakter. Mereka lebih senang melihat karakter cewek yang imut, lucu, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan karakter cewek, mereka lebih semangat dalam hal hunting, leveling, farming.

Alasan 2: Gampang Mencari Teman
Alasan berikutnya cukup aneh, tapi menurut salah satu praktisi Hode. Karakter dengan gender cewek atau perempuan lebih mudah mendapatkan teman baru di game yang sedang dimainkan, dibandingkan karakter cowok. Hal ini sebenarnya tergantung kepada sifat dari masing-masing pemain itu sendiri.

Alasan 3: Mencoba Hal Baru
Game online memiliki dunianya sendiri, yang sering disebut dunia maya. Hode yang memiliki alasan ketiga ini, ingin mengeksplor hal-hal baru yang tidak bisa dilakukan diluar dunia maya. Dengan mencoba memainkan karakter beda gender, mereka ingin merasakan pengalaman dengan gender yang lain. IYKWIM.

Alasan 4: Malas
Hode dengan alasan ini adalah mereka yang mager alias malas gerak. Dengan menjadi Hode, mereka akan mendapat beberapa keuntungan, seperti bisa meminta-minta item atau uang, dibantu menaikkan level, dan dibantu-bantu lainnya di game online.

Alasan 5: Tukang Tipu
Menjadi Hode karena alasan ini banyak didapati di game online. Pelakunya akan berupaya semaksimal mungkin untuk menangkap calon korbannya. Segal acara pasti dilakukan untuk bisa menipu calon korbannya. Setelah berhasil, mereka akan mengambil berbagai item milik korbannya dan lari ditelan bumi.

Alasan 6: Balas Dendam
Penyebab di balik alasan keenam ini, cukup banyak ditemukan di berbagai game online. Ra-rata yang memiliki alasan ini, adalah mereka yang pernah tertipu oleh Hode / Deho. Dengan emosi yang masih tinggi dan ingatan akan masa lalu, mereka ingin melampiaskannya dengan cara menjadi Hode dan menipu setiap player yang terjerat perangkapnya.

Alasan 7: Lain-lain
Banyak alasan yang bisa dipakai oleh praktisi Hode di game online, oleh karena itu, untuk alasan ketujuh dan terakhir ini, saya memberikan opsi "lain-lain", yang tentunya berbeda dengan keenam alasan yang sudah saya tulis diatas.

Sangat menarik menulis alasan-alasan yang saya sebutkan diatas. Alasan-alasan tersebut didapat dari berbagai sumber online maupun offline. Pada saat mendengar alasan pertama dari seorang narasumber, saya tidak tahu harus menunjukkan ekspresi seperti apa, karena kalimat yang diutarakan berbunyi "Berasa kayak ditemani cewek (ketika leveling atau hunting), kalau ngeHode".

Tipe-tipe Hode

Melihat penyebab Hode di game online yang sudah saya tulis di atas, Hode memiliki 2 tipe atau jenis. Tipe yang pertama adalah Hode Baik dan Hode Jahat. Salah satu jenis Hode inilah yang memberikan konotasi negatif kepada kata Hode itu sendiri.
TIpe dan Jenis Hode, Apa itu Hode di game online, dunia game.
Sumber Gambar: Pixabay

Hode Baik

Tipe Hode ini, banyak dijumpai di game online. Mereka dengan tipe ini adalah orang-orang yang memiliki alasan 1, 2, dan 3 yang sudah saya tulis diatas. Jenis Hode ini ketika ditanyai soal gender asli akan dengan segera membalas kalau mereka adalah cowok.

Jadi, mereka tidak memiliki motif untuk menjerumuskan pemain lain karena memakai karakter cewek. Rata-rata Hode dengan tipe ini memilih job atau profesi di game online yang lebih cocok dengan karakter cewek, seperti Apostle di game online Seal Online Blade of Destiny. Tapi hal ini tidak menutup kemungkinan mereka berubah menjadi Hode Jahat.

Kesimpulannya, Hode Baik tidak akan menutupi gender aslinya, mereka memainkan karakter cewek karena alasan bentuk karakter, gampang mencari teman, dan mencoba hal-hal baru.

Hode Jahat

Inilah tipe yang memberikan konotasi negatif bagi kata ini, sehingga membuat kata ini sering dipadankan dengan hal-hal negatif lainnya. Jenis Hode ini sangat berbahaya, karena mereka akan mengakui dirinya sebagai cewek untuk melakukan tindakan-tindakan yang merugikan pemain lain.

Tidak sedikit pemain yang terjerumus dengan tipe ini karena kebanyakan dari Hode Jahat akan menggunakan segala cara untuk bisa menjaring korbannya, seperti bertingkah layaknya cewek pada umumnya, membuat faecbook palsu dan lain sebagainya.

Hode dengan tipe ini memiliki alasan nomor 5 dan 6. Kalian harus ekstra hati-hati dengan jenis yang satu ini, karena bisa merusak mental, perasaan, dan dompet kalian. Menambahkan informasi mengenai Hode jahat, Hode tipe ini terbagi menjadi 2 lagi, yaitu Hode Jahat Pro dan Hode Jahat Pemula.

  • Hode Jahat Pemula

Bisa dilihat dari kategorinya, Hode Jahat ini masih awam dalam hal menjadi Hode Jahat. Tidak adanya persiapan yang matang dalam menjadi Hode Jahat, sehingga dengan cepat, belangnya akan ketahuan oleh calon korban. Intinya, mereka masih belum memiliki pengalaman lebih menjadi Hode Jahat dan lebih terarah ke "Short Con" (penipuan jangka pendek)

  • Hode Jahat Pro

Sangat...sangat...sangat berbahaya. Hode Jahat dengan kategori ini memiliki jam terbang yang tinggi. Mereka akan menyiapkan segala sesuatunya untuk mendukung aksi menjadi Hode Jahat. Tidak jarang, mereka akan menyiapkan berbagai akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Line dan lain-lain untuk memberikan jaminan kepada calon korban yang ingin mengetahui identitas aslinya.

Tidak tanggung-tanggung, dalam persiapannya, kalian akan melihat akun Facebook atau Instagram yang aktif selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, yang menunjukkan foto cewek sebagai identitas palsu Hode Jahat tersebut. Hode jahat Pro lebih terorientasi ke "Long Con" (penipuan jangka panjang)

Untuk alasan nomor 4 dan 7, tidak saya masukkan di kedua tipe diatas, karena alasan nomor 4 bisa menjadi Hode Baik maupun Jahat, tergantung dari pemainnya. Oleh karena itu klasifikasi untuk alasan nomor 4, hanya bisa ditentukan oleh pelakunya sendiri. Sedangkan untuk nomor 7, karena "lain-lain".

Cara Terhindar dari Hode Jahat

Dikarenakan tipe Hode terbagi menjadi 2, ada yang Baik dan Jahat, saya memutuskan untuk menulis cara menghindari Hode Jahat saja, karena efek yang ditimbulkan kepada korbannya sangat parah dibandingkan Hode Baik yang memiliki alasan yang tidak merugikan orang lain.
Cara mengatasi hode, Apa itu Hode di game online. tips trick game
Sumber Gambar: Pixabay

1. Kejelasan Identitas

Tips yang pertama adalah kejelasan identitas. Kalian bisa meminta informasi-informasi yang menjurus kepada identitas asli Hode tersebut, seperti Facebook, Line, Instagram, nomor telp dan lain sebagainya. Meskipun cara ini bisa diatasi oleh Hode Jahat yang Pro.

2. Sabar

Cepat atau lambat, Hode Jahat akan kelihatan belangnya, waktu yang akan mengungkap segalanya, jika kalian bisa bersabar. Seiring dengan waktu, pasti akan tiba saatnya, dimana Hode Jahat salah dalam bertindak atau bertutur kata. Seperti lupa dengan informasi yang sudah mereka berikan sebelumnya. Contohnya, mulanya mereka mengaku sebagai mahasiswi di universitas A, lama kelamaan, ketika ditanya lagi, mereka lupa dan mengaku sebagai mahasiswi di universitas B.

3. Ketemuan

Cara terakhir yang bisa saya bagikan adalah menggunakan cara bertemu langsung dengan Hode Jahat tersebut. Dengan cara ini kalian bisa memastikan secara langsung gender dari Hode Jahat tersebut. Ada kalanya mereka akan memberikan berbagai alasan untuk menolak bertemu secara langsung, seperti jarak yang jauh. Unuk itulah gunakan program-program seperti Skype, agar memperpendek jarak diantara kalian berdua (brb muntah dulu).

Lanjut lagi... dari ketiga cara diatas, kalian bisa memastikan identitas asli dari Hode Jahat tersebut. Meskipun demikian, bagi Hode Jahat Pro, ketiga cara diatas memiliki tingkat keberhasilan 50% saja, karena kategori Hode Jahat ini sudah berpengalaman.

Menurut salah satu narasumber yang menganggap dirinya sudah Pro, sebelum melakukan aksinya, Hode Jahat Pro akan menyiapkan sejumlah alat pendukung seperti yang sudah saya tulis diatas, layaknya Facebook, Instagram, etc, ditambah dengan informasi-informasi data diri lain seperti umur, pekerjaan, asal sekolah / universitas, tempat tinggal, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan identitas diri ketika ditanyai.

Bahkan mereka akan menyiapkan suara cewek, ketika kalian menggunakan cara pertama dengan menghubungi Hode Jahat Pro. Mereka akan meminta bantuan adik, saudara, teman sekolah / kuliah yang bergender perempuan pada saat ditelepon.

Satu hal lagi, yang membuat saya heran dengan persiapan Hode Jahat Pro, mereka memiliki komplotan dan salah satu anggotanya bergender cewek. Jadi, karena orientasi mereka lebih ke "Long Con", anggota yang benar-benar cewek akan memperkenalkan Hode Jahat Pro kepada calon korban. Dari situlah dimulai proses penipuan mereka.

Dengan menggunakan pemain yang sudah terbukti sebagai cewek asli, mereka dengan mudah memberikan kesan kepada calon korban, kalau mereka juga adalah cewek asli. Ada kalanya cewek asli yang digunakan bukan anggota komplotan, melainkan salah satu korban mereka juga. Menurut sumber yang didapat, untuk mendekati cewek asli lebih mudah dengan berpura-pura sebagai Hode Jahat, daripada langsung mendekati calon korbannya.

Menambahkan pernyataan dari sumber, cewek asli tidak memiliki pelindung pada saat didekati oleh Hode Jahat Pro. Mereka tidak akan meragukan identitas asli dari Hode Jahat tersebut. Sedangkan, ketika mendekati cowok atau calon korban, pelindung langsung aktif dan pelindung tersebut berupa pertanyaan yang timbul dibenak mereka, seperti "Pasti Hode nih". Keraguan atau pertanyaan tersebutlah yang dimanfaatkan Hode Jahat Pro dengan menggunakan cewek asli sebagai awal perkenalan.

Mendengar hal tersebut, saya hanya bisa menggelengkan kepala, dan menimbulkan pertanyaan, yang kemudian saya tanyakan langsung ke narasumber, "Bagaimana Hode Jahat Pro (nama disamarkan -red) menentukan gender pemain, kalau pemain tersebut cewek asli atau bukan? Untuk membantu skenario perkenalan awal?".  Pertanyaan ini tampaknya cukup sensitif bagi narasumber tersebut, sehingga hanya dijawab dengan sepintas "Dari info orang lain".

Tipe-tipe Calon Korban atau Korban Hode Jahat

Tidak habis-habisnya memang, membahas Hode tipe ini yang tujuannya untuk mencari keuntungan sendiri atau kelompok. Melihat kredibilitas dari narasumber yang saya tanyai, saya pun langsung bertanya soal tipe korban atau calon korban. Menurutnya, Tipe korban dibagi menjadi 2, yaitu:
Korban atau calon korban hode, apa itu hode di game online, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Sumber Gambar: Pixabay
Tipe 1
Tipe pertama adalah korban atau calon korban yang cepat terbawa perasaan. Kemungkinan besar tipe korban ini belum pernah merasakan pacaran di dunia maya ataupun di dunia nyata. Sehingga sangat mudah untuk menjebak tipe korban seperti ini dengan rayuan gombal dan cara-cara lain.

Tidak menutup kemungkinan, tipe korban ini adalah mereka yang baru saja memutuskan hubungan dengan pacar mereka di dunia nyata dan mencari rebound di dunia maya atau game online. Tipe pertama ini, menurutnya cukup mudah untuk diakali.

Tipe 2
Tipe korban jenis ini bisa dikatakan tipe yang cuek. Artinya, mereka tidak perduli dengan identitas asli dari Hode Jahat tersebut. Mereka tetap berteman dengan Hode Jahat, bahkan menjadi pasangan atau berpacaran di dunia game online.

Sekalipun demikian, tipe korban ini tidak mudah untuk ditipu, karena mereka memiliki batasan-batasan soal pemberian item atau mata uang di dalam game. Oleh karena itu, menurutnya tipe korban yang kedua ini membutuhkan usaha yang ekstra agar bisa ditipu, terlebih lagi bisa membuat Hode Jahat mengurungkan niatnya menipu calon korban dengan tipe ini.

Paradoks Fenomena Hode

Setiap aksi pasti akan ada reaksi. Itulah hukum ketiga dari Newton, dan oleh sebba itu, fenomena Hode di game online juga menimbulkan beberapa reaksi yang menjurus ke berbagai sisi. Sebagai contohnya, pemain dengan gender cewek asli akan menjad Deho yang sudah saya tulis sedikit di awal artikel ini.
Paradoks fenomena hode, apa itu hode di game online. Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Sumber Gambar: Pixabay
Mereka akan berpura-pura sebagai laki-laki atau cowok agar tidak diganggu oleh pemain lain. Contoh berikutnya adalah mitos yang timbul akibat fenomena ini, seperti "no Facebook / Instagram / Twitter /  Line / nocan = hode" atau "gak mau ketemuan = hode".

Mitos tersebut yang membuat resah pemain bergender cewek. Dari sumber online yang saya dapati, tidak semua pemain cewek akan dengan leluasa memberikan nomor telp dan lain sebagainya atau bertemu langsung dengan orang yang baru dikenalnya.

Rata-rata pemain yang meminta nomor telp atau bertemu langsung ingin memastikan kejelasan identitas. Tapi hal ini memberikan kontradiksi kepada pemain bergender cewek asli yang memang tidak ingin memberikan informasi dirinya dengan gampang apalagi kepada pemain lain yang baru kenal dan SKSD.

Dikarenakan penolakan dari cewek tersebut, mereka lalu dicap sebagai Hode. Saya pernah melihat Chat Megaphone di Seal BoD server Duran, dimana salah satu player mencap pemain lain sebagai hode karena tidak mau memberikan nomor teleponnya. Cukup aneh menang, melihat paradoks yang dihasilkan dari fenomena ini.

Salah satu narasumber (cewek asli), justru merasa kasihan dengan pemain-pemain tipe ini, hanya karena tidak mendapat no telpon dan sebagainya sebagai pembuktian. Menurutnya, alasan dibalik meminta nomor telp dan lain-lain, selain membuktikan identitas asli pemain tersebut, adalah dengan melihat rupa atau wajah cewek tersebut. Kalau cantik, bisa dijadikan prospek, kalau jelek langsung ditinggalkan. Pemain-pemain seperti ini pasti pernah ditipu sebelumnya atau mereka yang Jones.

Ada satu kalimat yang diutarakan oleh narasumber tersebut, yang bisa berdampak besar kepada pemain-pemain yang memiliki motif mencari pasangan dunia nyata menggunakan media game online. Menurutnya Double Standard harus dipraktekkan, karena pemain seperti ini akan terus mencari cara untuk SKSD jika merasa cewek tersebut cantik dan lain sebagainya, tapi apakah cewek tersebut merasakan hal yang sama dengan pemain tersebut. Inilah yang menjadi pertanyaan besar dan mengutip salah satu kalimat narasumber tersebut "Cari cewek kok di game? Malu ya? atau gak modal?"

Narasumber diatas memang memiliki sifat yang cukup keras, berbeda dengan wajahnya. Beliau tidak bisa memfilter kata-katanya. Saya sendiri cukup minder pada saat bertanya dan pada saat menulis artikel ini, saya memilih untuk menyeleksi informasi atau kalimat-kalimat yang terlalu ekstrem, yang bisa menyakiti perasaan pembaca.

Pengalaman-pengalaman dari fenomena ini.

Pembahasan berikutnya adalah kumpulan pengalaman-pengalaman dari berbagai sudut, mulai dari yang ngeHode, sampai dengan korban-korban penipuan karena terjebak identitas palsu dari Hode Jahat.

Sumber 1: Awal jadi Hode karena gampang cari item. Kalau mainin char (karakter) cowok, mana ada yang mau bantu. Beda dengan char (karakter) cewek.

Sumber 2: Karena pernah ditipu Hode pas main Ragnarok, makanya gue milih main karakter cewe juga.

Sumber 3: Dianggap hode karena nggak mau Skype-an sama yang minta video call. Gue cuek aja, mau dikatain apa terserah dia. Ujung-ujungnya dia tahu sendiri kalau gue cewek asli dari orang lain. Pas dia minta FB gue, langsung aja gue jawab "lu homo? kan gue Hode kata lu"

Sumber 4: Gua pernah diselidiki karena ngaku cewek. Minta FS (friendster) waktu itu, maklum sudah tua.

Sumber 5: Pengalaman paling gila selama ngeHode itu, pernah sampai dikirimin cincin emas gara-gara game Ayodance. Jadinya bisa ngajak teman satu warnet makan-makan.

Sumber 6: Pendapatan hasil nipu pake cara Hode itu tergantung korban juga sih. Kalau hoki sekali libas bisa puluhan (juta). Kalau nggak, dapat ampas doang dan buang-buang waktu (Long Con -red)

Sumber 7: Hode Pro itu bukan nggak hanya bisa menipu satu orang saja, atau seguild. Tapi bisa menipu satu game. Gue aja shock pas tahu. Dulu di game-game online sering ada kontes miss apa gitu. Salah satu peserta kontesnya Hode, karena syarat ikut kontes, hanya ngirim foto doang. Kalau nggak salah ingat, si Hode itu ketahuan karena sudah lolos seleksi dan diminta buat ke perusahaan game itu. Dari gosip yang beredar, si Hode ngirim surat permintaan maaf. Ngakak kalau diingat-ingat.

Sumber 8: Ngaku cewek, langsung didatangi ke warnet. Dulu warnet masih rame main Ayodance. Orangnya aneh bin ajaib. Meskipun sudah lihat gue main, dia masih belum percaya, sampai gue disuruh nunjukkin skill. Alasannya, banyak yang minta tolong orang lain buat duduk depan monitor doang, biar percaya.

Sumber 9: Dulu sering main Ayodance, karena sering ditanyain yang nggak wajar, gue pensi. Gak lama, main lagi karena diajak teman. Tapi bikin karakter cowok, malas aja ditanya-tanya melulu.

Sumber 10: Milih jadi Hode buat nipu orang, tapi lama-kelamaan nggak jadi nipu, karena orangnya baik banget. Padahal kalau diingat-ingat, gue bisa jual Boss Cardnya dia.

Sumber 11: Pernah ada yang nantangin kalau gua Hode apa asli dengan ketemuan. Gua biarin aja, tapi lama-lama kesal juga, diganggu terus. Langsung aja gua tanya balik "muka loe udah sama kayak Jerry Yan? atau Vic Chou? kalo belum sama, gua ogah ketemuan". Orangnya langsung offline *ketawa*. Ketahuan ya umur gua, tau F4 segala. *ketawa lagi*

Terdapat beberapa sumber yang tidak bisa dicantumkan di atas. bagi kalian yang mempunyai pengalaman dengna yang namanya Hode, bisa menulis pengalaman kalian di kolm konter artikel ini. Agar bisa berbagi kejadian-kejadian lucu, pernah tertipu dan lainnya epada pembaca lain.

Tidak terasa sudah cukup panjang pembahasan mengenai Hode ini. Dimulai dari pengertian Hode, sejarah kata, Alasan Hode, tipe-tipe Hode, cara terhindar dari Hode Jahat, bahkan sampai ke paradoks yang ditimbulkan karena fenomena ini.

Akhir kata, semoga artikel yang saya tulis dengan mengumpulkan informasi selama 2 bulan lebih ini bisa bermanfaat bagi setiap pembaca di blog ini. Dan jangan lupa untuk Share artikel ini. Terima kasih. Love Seal.

Jangan lupa untuk support blog ini, agar tetap memberikan artikel-artikel bermanfaat bagi pembacanya, dengan cara donasi melalui:


Donasi sekecil apapun dari kalian sangat berarti bagi kami. Terima kasih banyak.

1 komentar:

Saya ngalamin sendiri di game mmprog..banyak modus dengan blg gapercaya km cwek km hode..ujung2nya minta kontak. Saya yg msh newbie mah nurut aja :v
Mau nanya dong bisa ga mengenal kepribadian dr cowok yg lbh seneng main krakter cwek dibanding cwok..
Krn saya ngeliat ada yg lbh suka cwek *smua karakternya cwek* ada jg yg alamiah suka main cwok...

Semua Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon