-->

My Two Cents (Seller and Buyer)

Pembeli dan Penjual Seal Online Blade of Destiny

game Seal Online, Seal BoD

Beberapa hari lalu, ada kejadian menarik yang gw alami pada saat mengunjungi Elim. Pasti pada tahu kalau Elim itu kota yang paling rame soal urusan jual-beli item, kota kedua yaitu Lime. Bahkan, salah satu teman gw pernah mengatakan ke gw, kalau mau jadi makelar (player yang kerjaannya jual-beli-trade items), kota Lime sebagai stage awal, kalau udah mahir, baru pindah ke Elim. LoL

Jadi, kejadiannya itu, ada seller yang teriak menjual BNM.XG+10 (Blue Ninja Mask). Karena gw emang lagi mencari BNM.XG+10 untuk ditempa ke +12, gw coba untuk menanyakan harganya. Dan balasan dari seller-nya cukup mengejutkan. BNM yang dia jual dihargai dengan harga yang fantastis. Gw pernah dapat BNM.XG+10 dengan opsi jumlah HP yang sama dengan harga yang masuk akal. Makanya, gw kaget pas dibalas dengan harga naik haji. Emang gw tau kalau itu Open Price nya dia, cuman karena gw terlanjur kaget sama harganya, langsung gw decline.

seller, buyer, game Seal Online, Seal BoD
gw blur, biar nggak dianggap promosiin barang orang

Gw nggak tahu apa yang terjadi sama sellernya, mungkin dia punya masalah IRL or lagi PMS. Balasan yang gw terima setelah gw decline harganya cukup mengejutkan juga. Lebih mengejutkan dari harga BNM-nya. hahahha.

seller, buyer, game Seal Online, Seal BoD
gw blur IGN sellernya, nggak enak sama yang lagi PMS-an

Di post ini, gw hanya mau memberikan pendapat pribadi gw. Seller BNM nya nggak naruh harga pada saat dia Shout/Teriak jualan. Jadi, otomatis calon buyer yang membaca shout-nya bakal nge-whisp buat nanya harga. Kalau setiap calon buyer yang decline sama harga BNM-nya, di balas dengan whisp yang sama, muncul pertanyaan besar di benak gw, "kalau dia nggak mau orang lain nge-whisp nanyain harganya, buat apa dia teriak jualan, tanpa cantumin harganya?". Logika nya kan seperti itu, apa sellernya nggak bisa mikir? atau lagi PMS? hanya dia dan Tuhan yang tahu.

Kejadian seperti ini udah terjadi ke gw sebanyak dua kali. Yang pertama itu, posisi gw sebagai Seller. Dan items yang gw jual ditawar dengan harga 60% dibawah harga normal. Waktu itu gw jualan TBS Yellow Dice.XG+9, dan calon buyernya nawarin untuk trade TBS Yellow Dice.XG+9 dengan Fly Black Dragon opsi clean. Kebetulan waktu itu hadiah Golden Chest, adalah Fly Black Dragon, jadi harga pet tersebut merosot dan Fly Black Dragon gw, waktu itu udah ada 3 (bakal gw tulis ceritanya di post" mendatang). Jadi, gw decline tawarannya. Dan gw mendapatkan kata makian sebagai balasan-nya.

Gw paham, sebagai Seller, kita mau mendapatkan harga setinggi-tingginya dari item yang kita jual. Dan sebagai Buyer, kita mau mendapatkan harga serendah-rendahnya dari item yang mau kita beli. Oleh karena itu, setiap kali gw jualan, gw selalu menaruh harga di shout gw or whisp yang gw balas ketika ditanyain harganya, ditambahin dengan embel-embel Final Price (ex: 5b, Final Price). Jadi calon buyer dah tahu kalau harga tersebut udah nggak bisa di nego-nego lagi.

Kembali lagi ke cerita seller BNM-nya....
Setelah itu, gw di spam dengan kata makian, makanya gw langsung meng-SS dan menulis ticket untuk dilaporin ke yang berwajib... lol.

submit ticket, game Seal Online, Seal BoD

Picture diatas, merupakan balasan dari Game Master, setelah gw report permasalahan mengenai Seller BNM-nya. Jadi, buat kalian yang mendapatkan perlakuan atau chat yang tidak wajar, silahkan menulis ticket dan dilaporin. Selama kalian tidak salah, jangan pernah takut. GM (GameMaster) di Seal BoD, cukup sensitif soal masalah ini. Dan saran gw, jika suatu saat kalian mengalami hal yang serupa dengan pengalaman diatas, jangan kebawa emosi. Di bawa santai aja, terus di SS (ScreenShot). (Baca: Guide Mengambil Screenshot dalam Game Seal BoD)

Saran gw kepada Seller-seller lain yang sama seperti Seller BNM diatas, cobalah untuk memakai sedikit logika, kalimat lain-nya "mikir dikit dong". Gw yakin, yang main Seal BoD itu setidaknya bisa memakai sedikit pikirannya. Kalau nggak bisa, gimana dia bisa main game online. Atau ini kesalahan gw, yang menaruh ekspetasi lebih???
Satu lagi saran gw, kali ini tertuju kepada seller BNM-nya. Kalau lagi PMS-an, jangan jualan ci, kasian calon buyer-nya kalau mendapat balasan yang nggak masuk akal, kayak yang gw terima.

Pasti ada yang bertanya-tanya, kenapa gw punya SS, waktu seller BNM-nya teriak. Gw orangnya suka mengambil SS, kalau gw emang niat untuk membeli item/s tersebut. SS digunakan sebagai langkah awal pencegahan item curian yang dijual sama hacker/penipu. Jadi, kalau harga BNM-nya masuk akal, gw udah ada SS, waktu sellernya teriak, terus waktu trade gw SS lagi. Skema-nya seperti ini:

Lihat item/s yang mau dibeli > SS > nanya harga > nego kalau bisa di nego > deal > SS > trade > SS.

Dan ketika item yang dijual Seller ternyata hasil penipuan atau hasil rampok, char kita aman dari investigasi GM, karena kita sudah punya SS dari awal sellernya teriak sampai waktu tradenya. Sehingga kita nggak dianggap sebagai komplotan. 

Sedikit info tambahan, buat kalian yang mau mencari items di Elim or d kota-kota lain. Harga yang seller whisp pertama kali itu sering gw namain "Open Price", dan kalau seller-nya serius mau menjual item/s nya, dia bakal menaruh perhatian lebih kepada calon buyer, sehingga akan terjadi kesepakatan harga, yang gw namain "Final Price". Biasanya, Final Price itu jatuhnya 10-20% dibawah Open Price.

Bagi kalian yang mempunyai saran / kritik / pertanyaan, silahkan tulis di komentar atau kirim formulir di Hubungi Penulis. Dan jangan lupa untuk klik "Suka" di Facebook Fans Page dan Share artikel ini.


Thank you for reading my post..^.^v


Disclaimer: Tulisan diatas merupakan pengalaman pribadi gw, dan juga merupakan pendapat pribadi gw, kalau ada yang merasa tersinggung, gw minta maaf sebelumnya, dan Grow Up!!!

Semua Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon