-->

Tutorial (New Player's Guide)

Guide untuk Pemain Baru Seal Online Blade of Destiny

Postingan kali ini bukan bagi-bagi item ke pemain baru. Mohon maaf jika ada yang salah paham. Di artikel kali ini gw akan membagikan sedikit guide bagi pemain atau player, yang baru bermain game Seal Online Blade of Destiny.

Guide Player Baru Seal BoD

Guide kali ini akan membahas panduan dari awal bermain sampai bisa mendapatkan mandiri, tanpa minta-minta ke orang lain. Dan bakal gw rangkum dalam format bermain Seal BoD selama sebulan, jadi durasi guide ini berlaku bagi player yang berniat untuk bermain game Seal Online Blade of Destiny selama sebulan minimalnya.

Langsung aja ya... So, here we go!!!

  • Minggu pertama

Apa saja yang dilakukan dalam minggu pertama?? Sudah pasti membuat character. Kalian bisa memilih langsung job atau profesi pada saat pembuatan character, jadi tidak perlu lagi melakukan quest untuk ubah job.

Selalu ingat untuk masuk ke Tutorial Zone pada saat pemilihan kota, karena dari sinilah kalian bisa mendapatkan cegel untuk modal awal membeli potion. Cari sebanyak-banyaknya atau semampu kalian saja Rabbit's Cleaver di Tutorial Zone, terus di jual ke NPC sebagai modal membeli potion.

Selanjutnya, kalian bisa leveling menggunakan armor dan senjata yang didapat dari Tutorial Zone. Selama seminggu kalian harus fokus leveling sampai character kalian berusia mencapai level 50-70.

Ketika kalian sedang leveling dan mendapatkan Crystal / Ruby / Diamond, jual lah permata tersebut ke kiosk atau vendingan berwarna biru yang mencari permata. Tapi ingat jangan dijual semuanya, sesuaikan saja dengan kebutuhan potion, karena rata-rata yang membuka kiosk buy atau vendingan biru itu harganya di bawah normal.

Simpanlah permata yang tersisa, istilahnya di tampung dulu. Jual pada saat butuh cegel untuk membeli potion saja. Kumpulin sebanyak-banyaknya permata yang kalian dapatkan selama leveling, jangan digunakan untuk menempa equipment kalian.

  • Minggu kedua

Di minggu kedua, carilah guild. Kenapa perlu mencari guild?? Karena dengan bergabung di sebuah guild, kalian bisa bertanya mengenai apa saja yang belum kalian pahami di Seal Online Blade of Destiny.

Selain itu, kalian bisa menambah pertemanan dengan bergabung di sebuah guild. Main game online tanpa interaksi dengan pemain lain, 100% bakalan cepat bosan. Jadi, banyak-banyaklah berteman dengan player lain khususnya member guild yang kalian tempati.

Jangan lupa untuk tetap leveling dan mengumpulkan permata yang kalian dapatkan selama leveling. Pada minggu kedua ini level character kalian setidaknya sudah ber-level 100 – 150, tergantung intensitas kalian leveling.

Kalian bisa menggunakan Armor yang dijual di NPC-NPC sesuai job kalian. Sesuaikan saja statusnya mengikuti Armor tersebut, karena pada saat kalian akan beralih ke job kedua, statusnya akan direset menjadi nol lagi.

  • Minggu ketiga

Sudah banyak pasti permata yang dikumpulin...hehehhe. Saatnya menjual permata-permata tersebut. Sedikit tips, jangan dijual ke Guild Member, karena biasanya banyak yang minta diskon “Guild Member”. Gw aja bingung fenomena apa ini... masa minta potongan harga ke new player... ada-ada aja.

Tapi... ada tapinya, kadang ada Guild Member yang membeli dengan harga normal bahkan harga di atas normal. Gw biasanya gitu sih, kalau ada player baru yang gw lihat emang niat main Seal BoD. Bantu-bantu dikit tanpa dia minta-minta, gw lebih respect ke tipe player seperti ini. Sedangkan new player yang tahunya minta ini..minta itu, nggak gw gubris.

Sedikit tips, jika kalian merasa nggak enakan menjual permata menggunakan character utama yang sudah dikenal oleh Guild Member, kalian bisa membuat character baru dan menjual permata-permata kalian menggunakan character baru tersebut.

Di minggu ketiga ini, kalian bisa memilih untuk berubah ke job kedua atau tetap leveling sampai level 180. Biasanya skill-skill job 2 itu sudah bisa digunakan pada saat level 180. Oleh karena itu, banyak yang menyarankan untuk merubah job di level tersebut.

Semua keputusan berada di tangan kalian. Jika sudah capek leveling menggunakan character job satu, kalian bisa mengambil pilihan untuk berubah ke job kedua. Mengenai Armor dan Weapon, kalian bisa membeli yang murah- murah saja. Jangan dulu membeli Armor atau Weapon yang mahal.

  • Minggu keempat

Di minggu ini, kalian bisa memilih untuk berhenti leveling atau lanjut leveling sampai mencapai level 200-251. Tergantung style kalian saja. Ada beberapa player yang keasyikan chat bareng teman-temannya di game, sehingga waktu wisuda (mencapai level maksimum 251) menjadi terlambat.

Minggu terkahir ini, kalian sudah mendaptkan komunitas baru dan sudah mulai paham mengenai gameplay and strategy Seal Online Blade of Destiny. Equipment kalian juga sudah bisa dikatakan mendekati rata- rata, meskipun belum seperti kebanyakan player. Namanya juga nggak pakai modal beli RPs, jadi harus berhemat dan bersabar.

Untuk tahap selanjutnya, kalian bisa farming permata, Quest Item, atau ikut Tim Sage Tower...

Dari guide ini, gw sadar ada beberapa element yang nggak gw tulis, seperti Quest. Karena menurut gw, cukup sulit bagi player baru untuk melakukan quest seperti quest Ice Crystal tanpa membeli Ice Crystalnya.

Jikalau ada yang mau farming Ice Crystal, pasti levelnya bakal melebihi batas maksimum level (level 77) untuk quest Ice Crystal pada saat sudah mengumpulkan 200 lebih Ice Crystal nya.

Oleh karena itu, rekomendasi job dari gw untuk player baru adalah Craftsman atau Warrior. Kenapa Craftsman dan Warrior?? Karena job Craftsman tidak mendapatkan pinalty drop berapa pun levelnya, jadi bisa farming quest item untuk modal character selanjutnya. Sedangkan keuntungan job Warrior, bisa huntin di tempat yang monsternya berlevel 15-20 level diatas warrior tersebut.

Pada saat modal sudah terkumpul, dan ingin mencoba bermain dengan job lain... kalian bisa menggunakan modal tersebut agar tidak kesusahan di awalnya.

Sedikit tips dari gw, berpartisipasilah dalam event yang diselenggarakan oleh Game Master atau Guild kalian, hitung-hitung bisa menambah modal untuk character selanjutnya.
Bagi kalian yang mempunyai saran / kritik / pertanyaan, silahkan tulis di komentar atau kirim formulir di Hubungi Penulis. Dan jangan lupa untuk klik "Suka" di Facebook Fans Page dan Share artikel ini.

Thank you for reading my post..^.^v

Jangan lupa untuk support blog ini, agar tetap memberikan artikel-artikel bermanfaat bagi pembacanya, dengan cara donasi melalui:


Donasi sekecil apapun dari kalian sangat berarti bagi kami. Terima kasih banyak.

8 komentar

kak, boleh minta tahap-tahap quest yang harus diambil ga? saya pemula nih, mohon bantuannya. thx before, btw nanti gue bantu promote blog lo di forum sobod kaskus ya :D

Udah dituiis, cuman belum di publish. Ntar gw publish deh. thank you..^.^

Luar biasa gan.
4 minggu bisa naik lv 250++ luar biasa,,gk tidur tidur itu.
Dulu pas masih sekolah 2009-2011 pernah maen sampai 2 tahun cuma ampe LV 68 , maklum masih warnet harus nyisihin duit jajan skolah,pensi karena warnet banyak yg ancur koneksi + kerja..
Tahun kmren sempet mau maen lg tp seal indo tutup kbtulan nemu forum seal BOD jd pngin maen lg.
Artikel blog ini keren keren karena agak lupa udh lma gk maen.
Nice blog gan.

Untuk Seal BoD, cukup cepat untuk naik levelnya. Rintangan terberat pada saat level 200 sampai level 230. Selama masih ada niat, pasti bisa.
Terima kasih, semoga bisa membantu.

Edan keren banget gan, 4 minggu udah level 200an aja. Ini pake cheat leveling kh gan? Klo pake boleh dishare gak cheatnya?. Ane masih pemula ke stuck di level 80 nih gk naik" hehe

Wkwkwkwk, nggak pake cheat leveling gan. Pake GameShark.
Leveling cukup gampang di Seal ini, apalagi sekarang ada event yang hadiahnya Double Exp sama Time Warp. Teman saya saja bisa sampai level 200 dalam sehari.

ane juga baru main, entah kenapa ini seal tiba tiba kenceng banget levelingnya, atau karena ane pake job cook yg enak ngemobnya.
level 90an, ane coba ngehunt jam 2 pagi colok dobel exp ngemob crab glasis sampe level 120 itu jam 5 pagi, trus ane tidur
trus ane bangun jam 10 pagi lanjut ngehunt ke kura kura eastern red soil sampe level 160 itu sekitar jam 3 siang

Sekedar Info update 2023, yang tidak akan kena penalty drop hanya class Craftman dan Artisan saja. Jadi usahakan dalam 1 id ada 2 job yang 1 artisan sebagai sub karakter pengumpul bahan atau farming, 1 job sebagai main job buat menikmatin konten seal online sampe akhir.

Semua Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon