-->

Review Cara Penambahan Rohan Points dan JC Coin

Review Metode Pembelian RPs dan JC Coin di Seal Online Blade of Destiny

Seal BoD Journey - Hampir semua game online mempunyai fitur berbelanja item in-game menggunakan credit atau coin atau points. Seal Online Blade of Destiny juga mempunyai fitur ini, dimana player dari bisa membeli beberapa item yang disediakan di Web Mall dengan Rohan Points. atau JC Coin. Pada postingan kali ini, saya akan mereview beberapa cara penambahan Rohan Points dan JC Coin yang bisa kalian pilih.

Sebelum memulai review kali ini, perlu saya jelaskan, untuk bisa bermain Seal Online Blade of Destiny, kalian bisa menggunakan 2 portal dari akun Play Rohan atau akun JC Planet. Untuk cara mendaftarkan akun di kedua portal tersebut akan saya coba tulis di artikel mendatang.

Pada kedua portal diatas, metode pembelian Item Mall menggunakan nama mata uang yang berbeda. Untuk portal Play Rohan, nama mata uang tersebut dinamakan Rohan Points atau RPs. Sedangkan untuk JC Planet, dinamakan JC Coin.

Saya harap kalian bisa paham sampai disini. Review yang saya tulis dibawah ini hanya khusus kepada metode penambahan yang bisa dilakukan di Indonesia saja, karena blog ini dibangun dengan tujuan untuk membantu player Indonesia.

Akun Play Rohan

Review pertama yang akan saya bahas adalah penambahan Rohan Points dari akun yang dibuat di portal Play Rohan.Pada saat kalian membeli Rohan Points atau RPs dari websitenya, (baca: Cara Membeli Rohan Points) pada tab Prepaid Cash & E-Pins dan di bagian Region Asia / Australia, kalian bisa melihat 4 penyedia jasa pembelian RPs.

Penyedia pembelian RPs tersebut adalah Gudang Voucher, Unipin, Cherry Credits, dan MOL. Dari keempat penyedia tersebut, hanya MOL yang tidak bisa saya review, karena tampaknya MOL sudah berganti sistem dan di website Play Rohan, belum diupdate dengan sistem baru.

Gudang Voucher

Penyedia pertama yang akan saya bahas adalah Gudang Voucher. Bagi kalian yang memilih metode pembelian RPs menggunakan penyedia ini, kalian harus mendaftar terlebih dahulu di situs resminya. Setelah itu barulah kalian bisa melakukan top-up dan memberi RPs dengan jumlah saldo yang sudah kalian masukkan di akun pribadi.
Beli RPs dari Gudang Voucher, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Sumber Gambar: Gudang Voucher
Di Gudang Voucher, terdapat 4 nominal RPs yang bisa kalian beli tergantung jumlah saldo yang dimiliki, yaitu:

  1. 500 Rohan Points dengan harga Rp. 68.000
  2. 1000 Rohan Points dengan harga Rp. 136.000
  3. 2000 Rohan Points dengan harga Rp. 272.000
  4. 5000 Rohan Points dengan harga Rp. 680.600

Sebelum kalian membeli RPs dari Gudang Voucher kalian diwajibkan untuk mengisi saldo ke akun yang sudah dibuat. Untuk pilihan cara top-up saldo cukup banyak yang bisa kalian pilih, dimulai dari Transfer Bank, Transfer ATM, Alfamart, Telkomsel T-Cash, XL TUNAI, dan lain-lain.
Cara Pengisian Saldo Gudang Voucher, Beli RPs, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Sumber Gambar: Gudang Voucher
Saldo Gudang Voucher yang kalian miliki setelah melakukan top-up dengan cara transfer bank akan sama dengan jumlah transfer uang yang dilakukan. Tapi, akan ada Biaya Administrasi sebesar Rp. 1.500 sampai Rp. 4.400, yang dipotong langsung dari uang yang ditransfer.

Contohnya seperti ini, jika kalian ingin melakukan top-up saldo Gudang Voucher sebesar Rp. 100.000 melalui transfer bank BCA, ketika semua proses sudah selesai, saldo Gudang Voucher yang akan terisi adalah Rp. 95.600. Saldo tersebut didapat dari jumlah transfer dikurangi dengan biaya administrasi.

Unipin

Untuk penyedia layanan pembelian RPs yang satu ini kayaknya sudah tidak asing lagi bagi para pemain Seal Online Blade of Destiny, karena game Seal BoD sering berkerjasama dengan Unipin dalam menyelenggarakan event-event pembelian RPs. (Baca: Cara Membeli RPs dengan Unipin)

Kalian diwajibkan untuk membuat akun di website Unipin, setelah itu lakukan top-up Unipin Credits atau UC. Metode top-up UC sangatlah banyak, mulai dari Voucher Fisik yang bisa dibeli di Indomaret, Internet Banking, Kartu Kredit, Pulsa, Transter ATM, dan Transfer Manual.

Ketika Unipin Credits kalian sudah diisi, kini saatnya kalian membeli RPs. Perlu diingat, Unipin Credits adalah mata uang untuk akun Unipin, sedangankan RPs merupakan mata uang untuk portal Play Rohan.
Cara membeli RPs dari Unipin, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Sumber Gambar: Unipin
Pada Unipin, terdapat 4 nominal RPs yang bisa kalian beli, tergantung jumlah Unipin Credits yang dimiliki, yaitu:

  1. 500 Rohan Points dengan harga 70.000 UC
  2. 1000 Rohan Points dengan harga 140.000 UC
  3. 2500 Rohan Points dengan harga 350.000 UC
  4. 5000 Rohan Points dengan harga 700.000 UC

Satu hal yang membedakan Unipin dengan penyedia lain adalah Point Reward. Setiap kalian melakukan top-up Unipin Credits senilai Rp.10.000, kalian akan mendapatkan 10 Point Reward dan berlaku kelipatan. Point Reward ini bisa kalian tukarkan menjadi Unipin Credits, Voucher SerbaPay, dan item-item lain. Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihatnya disini.
Cara mengisi Unipin Credit, Beli RPs, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Sumber Gambar: Unipin
Unipin Credits atau UC yang kalian dapatkan setelah melakukan top-up dengan metode transfer Bank atau ATM adalah sama dengan nominal yang di transfer, jadi jika kalian melakukan transfer sebesar Rp. 100.000, UC yang kalian miliki adalah senilai 100.000 UC. Untuk biaya administrasi setiap transaksi adalah Rp. 5.000. Biaya administrasi ini tidak dipotong langsung, melainkan akan muncul di buku tabungan kalian, seperti halnya biaya administrasi Transfer Beda Bank.

Cherry Credits

Penyedia terakhir untuk membeli RPs adalah Cherry Credits. Sama halnya dengan dua penyedia diatas, kalian harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa menggunakan penyedia ini. Setelah selesai mendaftar, untuk membeli Rohan Points, kalian harus melakukan top-up CC.

Metode top-up CC yang disediakan oleh penyedia ini masih kalah dengan dua penyedia diatas. Mungkin karena penyedia ini bukan berbasis di Indonesia. Tapi, kalian tidak perlu panik karena salah satu metode top-up adalah Transfer ATM Bersama.
Cara mengisi saldo CC di Cherry Credits, membeli RPs, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Sumber Gambar: Cherry Credits
Ada satu hal yang perlu saya sampaikan, sebelum kalian melakukan top-up CC, gantilah Country atau Region di sudut kanan layar kalian menjadi negara Indonesia. Dengan demikian, metode top-up seperti Transfer ATM Bersama bisa kalian pilih. (Lihat gambar diatas dengan anak panah)
membeli RPs menggunakan Cherry Credits, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Sumber Gambar: Cherry Credits
Setelah selesai melakukan top-up CC, kalian bisa membeli RPs dengan memilih nominal yang telah disediakan oleh Cherry Credits, yaitu:

  1. 2500 Rohan Points dengan harga 35.000 CC
  2. 5000 Rohan Points dengan harga 70.000 CC
  3. 10.000 Rohan Points dengan harga 140.000 CC

Nominal RPs yang disediakan oleh Cherry Credits hanyalah 3 jenis saja. Dan untuk top-up CC menggunakan Transfer ATM Bersama, kalian bisa memilih 2 nominal CC yang disediakan, yaitu:
cara mengisi CC di Cherry Credit, beli RPs, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Sumber Gambar: Cherry Credits
  1. 1000 CC dengan harga Rp, 15.100
  2. 10.000 CC dengan harga Rp. 151.000

Selain Transfer ATM Bersama, dua metode top-up lainnya yang bisa saya bahas adalah dengan menggunakan Gudang Voucher dan Unipin. Ya, benar, kalian bisa top-up CC dengan menggunakan dua penyedia yang sudah saya bahas diatas.
Berikut ini adalah harga yang harus kalian bayarkan pada saat melakukan top-up dari Gudang Voucher dan Unipin.

  • Top-up saldo CC dengan Gudang Voucher
  1. 5000 CC dengan harga Rp. 56.000
  2. 10.000 CC dengan harga Rp. 112.000
  3. 14.000 CC dengan harga Rp. 157.000
  4. 20.000 CC dengan harga Rp. 224.000

  • Top-up saldo CC dengan Unipin
  1. 7600 CC dengan harga Rp. 100.000
  2. 22.800 CC dengan harga Rp. 300.000
  3. 38.000 CC dengan harga Rp. 500.000

Jika dilihat dari perbandingan harga diatas, top-up saldo CC menggunakan Gudang Voucher merupakan metode termurah. Dengan uang senilai Rp. 112.000 kalian bisa memiliki 10.000 CC, sedangkan jika melalui Transfer ATM Bersama, kalian perlu mengeluarkan uang senilai Rp.151.000 untuk 10.000 CC. Begitu juga dengan top-up menggunakan Unipin, Kalian memerlukan uang senilai kurang lebih Rp. 135.000 untuk 10.260 CC.

Tampaknya, karena penyedia ini bukan berbasis di Indonesia, harga top-up saldo CC dan pembelian Rohan Points menjadi sangat mahal. Tapi ini tidak menutup kemungkinan, bagi player lain yang tidak sayang dengan hasil keringatnya sendiri dan memilih penyedia Cherry Credits untuk membeli Rohan Points.

Akun JC Planet

Bagi kalian yang bermain Seal Online Blade of Destiny dengan akun JC Planet, nama mata uang untuk membeli Item Mall yang digunakan oleh portal ini adalah JC Coin. Metode penambahan saldo di JC Planets dibagi menjadi dua cara, yang pertama adalah J Coin dan yang kedua adalah C Coin.

Untuk J Coin, kalian memerlukan akun Paypal, Skrill, dan Kartu Kredit. Sedangkan untuk C Coin, terdapat 5 penyedia yang bisa dipilih, yaitu Game Sultan, Bank Transfer, Paysafecard, Lyto Game-on, dan zGold MOL Points.
Penambahan Saldo JC Coin, cara beli item mall JC Planet, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Sumber Gambar: JC Planet
Berhubung artikel kali ini membahas mengenai review penambahan Rohan Points bagi player Indonesia, saya hanya akan membahas satu penyedia saja, yaitu Lyto Game-On.

Lyto Game-On

Untuk penyedia jasa pengisian RPs ini cukup mudah. Kalian hanya perlu membeli voucher fisik Game-On. Terdapat 5 nominal pembelian RPs yang bisa kalian pilih, tergantung pada voucher yang sudah dibeli, nominal-nominal tersebut adalah sebagai berikut.
Harga JC Coin di JC Planet, cara melakukan pengisian JC Coin, Membeli item mall, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Sumber Gambar: JC Planet
  1. 15 JC Coin dengan harga Rp. 20.000
  2. 30 JC Coin dengan harga Rp. 35.000
  3. 55 JC Coin dengan harga Rp. 65.000
  4. 140 JC Coin dengan harga Rp. 175.000
  5. 400 JC Coin dengan harga Rp. 500.000

Setelah kalian selesai melakukan pembelian RPs, kalian tinggal membuka Web Mall Seal Online Blade of Destiny dari portal JC Planet. Perlu diperhatikan, akun JC Planet dan Play Rohan tidaklah sama. Jika kalian mempunyai akun Play Rohan, gunakan metode penambahan RPs. Sedangkan, bagi kalian yang memiliki akun JC Planet, gunakan metode penambahan JC Coin.

Pada Web Mall portal Play Rohan dan JC Planet, terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan tersebut adalah harga dari Item Mall yang ditawarkan. Pada Web Mall Play Rohan, harga Golden Chest Key adalah 100 RPs. Pada Web Mall JC Planet, harga Golden Chest Key adalah 10 JC Coin.
Harga GCK di JC Planet, item mall, cara mengisi JC Coin, Seal Online Blade of Destiny (BoD)
Sumber Gambar: Web Mall JC Planet
Jadi jangan bingung dengan perbedaan tersebut, karena masing-masing Web Mall menggunakan mata uangnya sendiri dan memiliki nomila yang berbeda-beda di tiap item mall yang dijual di Web mall mereka.

Kesimpulan

Setelah melihat cara-cara pembelian Rohan Points dan JC Coin diatas, bisa disimpulkan, pembelian RPs lebih mahal daripada pembelian JC Coin. Ini bisa dilihat dari harga-harga top-up masing-masing penyedia yang sudah saya jabarkan diatas.

Hal ini dikarenakan, akun dari portal Play Rohan memiliki jumlah yang cukup banyak dan merupakan salah satu portal favorit player Seal Online Blade of Destiny dalam membuat akun baru untuk bermain game ini.

Perbandingan Harga akun Play Rohan dan JC Planet

Mari kita bandingkan harga beli RPs dan JC Planet dengan nominal yang sama, yaitu 1000 RPs untuk akun Play Rohan dan 100 JC Coin untuk akun JC Planet. Setelah saya kalkulasikan, untuk membeli 1000 Rohan Points dari Gudang Voucher, Unipin dan Cherry Credits, kalian membutuhkan dana atau uang sebesar:

  • Gudang Voucher : Rp. 136.000
  • Unipin : Rp. 140.000
  • Cherry Credits : Rp. 157.000

Bisa disimpulkan, bagi kalian yang memiliki akun Play Rohan, penyedia termurah merupakan Gudang Voucher, disusul oleh Unipin dan yang paling mahal adalah Cherry Credits. Perbandingan harga antara Gudang Voucher dan Unipin tidaklah terlalu signifikan, hanya berbeda Rp. 4.000 saja.

Sedangkan untuk akun JC Planet, 100 JC Coin bisa dibeli dengan harga 

  • Rp. 125.000

Harga diatas didapat setelah membagi empat Rp. 500.000 (400 JC Coin).

Cukup berbeda jauh tampaknya untuk 1000 RPs dan 100 JC Coin. Perbandingan harganya sebesar Rp. 11.000 (Rp. 136.000 dari Gudang Voucher dikurang Rp. 125.000 dari Lyto Game-On). Perbedaan sebesar Rp. 11.000 ini dihitung menggunakan nominal Gudang Voucher yang merupakan penyedia termurah untuk RPs. Jika dihituung dengan nominal Unipin dan Cherry Credits??? Silahkan kalian kurangi sendiri ya.

Dari hasil review kali ini, saya hanya ingin memberikan informasi mengenai RPs dan JC Coin, dimana kedua mata uang Web Mall tersebut berbeda, tapi bisa digunakan untuk membeli item-item mall yang sama.

Dengan membeli JC Coin menggunakan akun JC Planet, kalian bisa berbisnis Item Mall di Seal Online BoD dengan rate yang tentunya bisa kalian atur sendiri untuk memaksimalkan keuntungan yang didapat.

Review kali ini merupakan hasil pertanyaan dari salah seorang teman yang berbunyi "Ada nggak yang lebih murah dari Unipin (untuk membeli RPs)" dan jawaban saya, "Yang lebih Mahal banyak". Review ini juga merupakan pendapat pribadi tanpa memihak antar penyedia pembelian RPs.

Akhir kata, sampai disini dulu artikel Cara-Cara Pembelian Rohan Points dan JC Coin kali ini. Yang ingin membeli item mall dengan harga yang murah, bisa membuat akun di JC Planet. Artikel mengenaipembuatan akun dan semua yang berhubungan dengan JC Planet akan saya tulis di kemudian hari. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan jangan lupa untuk terus Share artikel ini dan artikel-artikel lainnya di Blog Seal BoD Journey. Terima kasih. Love Seal.
Note:Harga pembelian RPs atau JC Coin yang ditulis pada artikel ini merupakan harga pada tanggal 22 Mei 2018 (PDT) yang tertulis di masing-masing web penyedia jasa pembelian RPs atau JC Coin. Harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk info lebih lanjut, bisa mengakses website-website resmi dari masing-masing penyedia.

Jangan lupa untuk support blog ini, agar tetap memberikan artikel-artikel bermanfaat bagi pembacanya, dengan cara donasi melalui:


Donasi sekecil apapun dari kalian sangat berarti bagi kami. Terima kasih banyak. 

2 komentar

Sebenarnya min, untuk pembelian termurah di JC adalah 35K lyto = 30JC Coin. Sehingga 100JC Coin bisa dibeli dengan harga 117K.

Terima kasih masukannya.

Semua Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon