-->

Versus (Range vs Melee)

Range vs Melee Job Seal Online Blade of Destiny

Postingan pertama dengan Tema Versus...yay!!!

Perbedaan Range dan Melee Seal Online

Berhubung ini postingan pertama untuk Tema ini, gw akan membahas mengenai Range vs Melee.
Pasti banyak di antara kalian yang sudah paham atau mengerti apa itu Range dan Melee. Bagi yang belu paham, akan gw jelasin dikit.

Jadi Range itu merupakan tipe job yang memiliki tipe serangan normal jarak jauh. Sedangkan Melee kebalikannya, yaitu memiliki tipe serangan normal jarak dekat. Nah di Seal Blade of Destiny ini, masing-masing job memiliki tipe serangan yang bisa di bagi dua, yaitu Range dan Melee.

Makanya gw membuat postingan kali ini dengan tujuan untuk membandingkan job dengan tipe serang Range dan job dengan tipe serang Melee. Dan berdasrakan hal tersebut, akan gw bagi dalam 2 points, yaitu job pertama (first job) dan job kedua (second job)

 1. Job Pertama (First Job)

Job Pertama Seal BoD

Pada point ini, job yang memiiki tipe serang Range hanyalah 3 job. Mage, Jester, Hunter. Sedangkan job dengan tipe serang Melee, ialah Beginner, Warrior, Knight, Priest, Craftsman, dan Cook.

Untuk perbandingannya, nggak banya yang bisa gw jelasin, karena rata-rata player yang bermain Seal BoD itu sudah menentukan Job Keduanya lebih dahulu sebelum membuat character baru. Dan untuk player baru, sarang gw sih, tentukan dulu play style kalian masing-masing sebelum memilih job mana yang akan dijadikan character utama.

Untuk kelebihan dan kekurangan masing-masing job, menurut gw pribadi, job dengan tipe serang Melee memiliki keuntungan yang lebih daripada job dengan tipe serang range. Karena jika, kalian memilih Jester, modal awal untuk bermain jester cukup besar... kalian harus membeli Dart / Joker untuk memudahkan dalam leveling.

Sedangkan job dengan tipe serang Melee, hampir semua tidak membutuhkan item khusus pada saat leveling. Modalnya relatif kecil buat player baru.

2. Job Kedua (Second Job)

Job kedua Seal BoD

Wah...untuk job kedua, pilihannya sangat banyak. Untuk job dengan tipe serang Range, ialah Fire Wizard, Ice Wizard, Gambler, Gunner, Archer, Chef. Sedangkan job dengan tipe serang range, ialah Vagabond, Swordmaster, Berserker, Templar, Apostle, Artisan, Demolitionist, Renegade, Defender, Assassin, dan Food Fighter.

Di point ini, kebanyakan player sudah pasti atau sudah memutuskan sebelumnya sebelum membuat character, job apa yang akan mereka pilih. Semua tergantung dari play style masing-masing player. 

Jika ada dari kalian yang masih bingung untuk menentukan pilihana antara job dengan tipe serang range atau melee, kalian bisa memilih berdasarkan personality kalian. Contohnya gini, gw orangnya malas gerak, makanya gw pilih job Apostle (lol). Ada lagi orang yg tipenya menyukai tantangan, biasanya sih mereka memilih job seperti Swordmaster, Assassin, Gambler dan job-job lain yang sering kalian temui di Colosseum.

Kelebihan dan kekurangan masing-masing job di point ini, tergantung pada playernya sendiri. Karena player yang sudah menguasai job-job tertentu atau memiliki pengalaman bermain MMORPG pasti memiliki tingkat pemahaman yang tinggi juga terhadap job yang ia mainkan.

Menurut pendapat pribadi gw sendiri, di point ini yang lebih diunggulkan adalah job dengan tipe serang Melee juga. Sama seperti di point pertama. Selain memiliki banyak pilihan job2, job dengan tipe serang ini bisa digunakan untuk farming, seperti Berserker dan Apostle yang memang masih menjadi job favorite sementara ini di Seal BoD.

Kesimpulan

Masing-masing job memiliki keunikan dan karakteristik yang berbeda-beda. Semuanya kembali di tangan player yang memilih job tersebut. Ada kasus, dimana Assassin yang dikenal dengan job ODI (Offensive Damage Increase) terbanyak se-Seal karena senjata dualnya, bisa dikalahkan oleh player Berserker berpengalaman.

Bagi kalian yang masih bingung untuk menentukan job apa yang mau dipilih, kalian bisa mengikuti personality kalian. Berikut ini gw mencoba mengklasifikasi job 2 dari masing-masing tipe serang..

Range:

  • Fire / Ice Wizard : Cocok untuk kalian yang suka melihat kembang api (lol). Maksudnya, bagi kalian yang senangnya melakukan serangan dari jauh, bisa memilih job ini dan juga efek dari skill-skill Fire / Ice Wizard sangatlah membutakan mata.
  • Gambler : Job ini sangat cocok bagi kalian yang banyak duit, suka PvP, senang ngerjain orang lain. Lempar timpuk sembunyi tangan...lol
  • Gunner / Archer : Cocok bagi kalian yang suka bereksperiment, karena masih bug damage gunner, sedangkan archer?? equip-equipnya tidak terlalu banyak beredar di pasaran.
  • Chef : Sangat cocok bagi kalian yang hobby nya tukang masak, suka ngerjain orang juga (stun - kabur - stun), dan berkarakter ceria...(lihat aja jalannya, jingkrak-jingkrak nggak jelas..oops)

Melee:

  • Vagabond : Anti-mainstream!!!! Buat kalian yang nggak suka trend, job ini sangat cocok.
  • Swordmaster : Bagi yang sudah bosan main Berserker (lol). Job ini cocok bagi kalian yang senang PvP, nggak mau kalah, dan sedikit anti-mainstream.
  • Berserker : Sangat cocok bagi kalian yang menyukai tantangan dan senang bertualang.
  • Templar : Apostle??? Lemah!!! Templar dong, bisa buff dan nyerang juga. Cocok buat kalian yang senang membantu orang, tapi nggak bisa diam di tempat.
  • Apostle : Templar??? Buff nya soak...pfft. Cocok bagi kalian yang senang membantu orang, dan malas gerak.
  • Artisan : Sangat pas bagi yang suka tantangan, suka ber-experiment, dan orang yang pemberani. Bahkan yang pemberani aja harus /bow di depan Olsen...lol
  • Demolitionist : Nah, yang suka duit atau calon pengusaha dan tidak cepat bosan, job ini pilihannya.
  • Renegade : Mainstream?? Basi... Orang-orang yang setipe dengan Vagabond dan Templar.
  • Defender : Bagi kalian pecinta kebenaran, nggak suka lihat orang di bully, senang membantu orang lain...job ini tepat buat kalian.
  • Assassin : FF? Face Factor kali..bukan Food Fighter. Punya banyak duit? nggak tahu duitnya mau ditaruh di mana? Bosan kill Monsters?? Job inilah pilihannya.
  • Food Fighter : Assassin? job apa tuh? namanya aja mulai dari bokong. Nah job satu ini, cocok bagi kalian yang senang ber-experiment, tidak suka diperintah, nggak suka mainstream.
Deskripsi di atas merupakan hasil pengamatan gw sendiri. Mohon maaf jika ada yang tersinggung. Ini hanyalah pendapat pribadi saja. /bow

Dan pemenang untuk Versus (Range vs Melee) kali ini adalah....job dengan tipe serang Melee....
Sekali lagi gw mau tekankan, kalau artikel ini hanyalah pendapat pribadi saja. Bagi yang setuju angkat tangan, dan bagi yang nggak setuju, angkat kaki...lol. Tulisan ini dibuat untuk membantu player baru saja, nggak ada niat dari gw untuk menjatuhkan job-job tertentu.

Sekian dulu artikel Versus (Range vs Melee) kali ini. Bagi kalian yang mempunyai saran / kritik / pertanyaan, silahkan tulis di komentar atau kirim formulir di Hubungi Penulis. Dan jangan lupa untuk klik "Suka" di Facebook Fans Page dan Share artikel ini.

Thank you for reading my post..^.^v

Jangan lupa untuk support blog ini, agar tetap memberikan artikel-artikel bermanfaat bagi pembacanya, dengan cara donasi melalui:


Donasi sekecil apapun dari kalian sangat berarti bagi kami. Terima kasih banyak.

2 komentar

Biar nggak bosan pas di baca artikelnya, kalau serius cepat bosan.

Semua Komentar yang masuk akan dimoderasi terlebih dahulu. Terima Kasih.
EmoticonEmoticon